Zaria Forman – Hyperrealistic Painting

Lingkungan bagi beberapa seniman sering kali diangkat menjadi tema karya mereka, dan diantara meraka biasanya para fotografer lah yang paling sering menampilkan karya foto landscape mereka yang menceritakan tentang lingkungan. Bagaimana dengan pelukis? Setahu kami tidak banyak yang menerjemahkan lingkungan dalam bentuk landscape pada karya lukisan tangan mereka. Kesulitan dalam menangkap suasana dalam bentuk realis mungkin adalah kemungkinan kenapa tidak banyak yang mengangkat tema ini.

Greenland50.soft pastel on paper.2012
Greenland #54.soft pastel on paper.2012

Zaria Forman adalah salah satu dari bagian kecil seorang pelukis yang kuat mengangkat karya lukisannya dalam format landscape. Bukan sekedar pemandangan yang dilukisnya, tapi ini adalah sebuah gunung es, berapa banyak seniman yang suka mengangkat tema laut dan gunung es? Tidak banyak rasanya.

Sejak kecil Zaria memang sudah terbiasa hidup berpindah-pindah di daerah yang terpencil, kedekatannya dengan alam lah yang mungkin menciptakan tingkat kedetail-an karya lukisan pastelnya, warna dominan biru-hitam-putih dalam baluran alur air dan gunung es yang dilukisnya serasa sebuah obat penenang yang mengalihkan kita.

Greenland #56.soft pastel on paper.2012
Greenland #61.soft pastel on paper.2013
Greenland #63.soft pastel on paper.2013

Dalam beberapa liputan media Zaria memang dikenal sebagai seniman yang peduli terhadap perubahan iklim, pada tahun 2013 yang lalu bersama pelukis lainnya dan seorang film maker, Zaria mengkhususkan diri untuk tinggal sementara waktu di Maldives, untuk mendokumentasikan sebuah daerah yang mempunyai kemungkinan hilang tersapu laut dalam waktu kurang dari 1000 tahun. Saat ditanya mengenai kekhawatirannya mengenai perubahan iklim, ia mengatakan “Saya percaya seni bisa memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam krisis , membantu kita menemukan makna dan optimisme di tengah pergeseran lanskap.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s